RENCANA
PELAKSANAAN PEMBBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Nahdlatul Wathan Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/I SMA
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Nama Guru : Siti Aisiyah
Standar Kompetensi
Menulis :
1.
Mengungkapkan
makna dalam teks esei berbentuk report,
narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar
1.
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya percakapan) dan
mengaplikasikannya kedalam sebuah teks yang gramatikal.
Indikator
·
Mengidentifikasi
makna dalam setiap kalimat berpola.
·
Membuat
kalimat berpola.
·
Menggunakan
kalimat berpola kedalam sebuah teks.
·
Mengidentifikasi
kesalahan yang terjadi dalam soal untuk kalimat berpola.
·
Menjawab
soal.
Tujuan pembelajaran
·
Siswa
dapat mengerti makna dalam setiap kalimat berpola.
·
Siswa
dapat mengaplikasikan tenses kedalam sebuah kalimat.
·
Siswa
dapat membuat teks berupa kalimat
berpola.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi kesalahan dalam sebuah kalimat.
Metode Pembelajaran: Tutorial
methods/ Metode
bimbingan.
Langkah Kegiatan
·
Kegiatan awal
§ Tanya jawab
tentang sejauh apa Tenses yang telah dipelajari siswa.
·
Kegiatan inti
§ Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang Materi Tenses
§ Siswa diberikan
contoh-contoh kalimat berpola.
§ Siswa
mengidentifikasi kesalahan yang terjadi dalam kalimat.
§ Siswa mengoreksi
kesalahan dalam kalimat.
§ Siswa membuat
kalimat berpola.
·
Kegiatan akhir
§ Siswa
menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
Sumber/Bahan
·
Buku
Modul bahasa Inggris kelas I SMA
Penilaian
·
Pertanyaan
lisan
·
Soal
Materi Pokok
Tenses
Present :
·
Simple
Present Tense
·
Present
Continous Tense
·
Present
Perfect Tense
·
Present
Perfect Continous Tense
A.
Simple
present
Simple present
digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Biasanya
juga digunakan untuk mengungkapkan fakta dan kebiasaan.
Ada 2 bentuk
kalimat simple present yaitu :
·
Nominal : (+) S + To Be(am, is, are)+ O
( - ) S + To Be(am, is are)+ NOT+ O
( ? ) To Be(am,is,are)+ S+ O
I ------------ Am
You
We Are
They
He
She Is
It
·
Verbal : (+) S + V1(s/es) + O
( - ) S + (Do/Does)+NOT+ V1+O
( ? ) (Do/Does)+ S + V1+ O
-
untuk orang ketiga tunggal (He,She,It) kata kerja tambahkan s/es
Contoh:
Nominal : (+) She is a student.
( - ) She is not a student.
( ? ) Is she a student?
Verbal : (+) She reads a book everyday.
( - ) She does
not read a book everyday
( ? ) Does she read a book everyday?
·
Adverb
of frequency atau keterangan waktu yang sering digunakan dalam present simple
adalah : usually, always, often etc.
Soal : Ubahlah kedalam bentuk ( - ) dan ( ? )
1.
You
have a car
2.
My
sister has a car
3.
My
sisters have a car
4.
You
and I learn English
5.
John
and Bill sing
B.
Present
Continous Tense
Present Continous Tense biasa digunakan
untuk tindakan yang sedang berlangsung sekarang.
Rumus :
(+) S+ To Be(am, is, are)+Ving
( - )S+To Be(am,is,are)+NOT+Ving
( ? )To Be(am,is,are)+ S+Ving
Contoh :
(+) I am watching TV right now.
( - ) Mr. Tono is not reading a
newspaper right now.
( ? ) Is he playing football?
·
Adverb
of frequency atau keterangan waktu yang sering digunakan dalam present
continous adalah Now, Right now, etc.
Soal : Lengkapi kalimat dibawah ini
1.
They
____ playing football right now.
2.
Suzzie
is_____ in the kitchen.
3.
____
are debating the issue.
4.
____
they playing football right now?
5.
____
she going to school?
6.
They
____ not playing a game.
C.
Present
Perfect Tense
Present Perfect
Tense digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang masih berlangsung atau baru
saja berhenti tetapi memiliki pengaruh hingga saat ini.
Rumus : (Auxiliary) : (+) S + (Have/Has)+ been
( - ) S + (Have/Has) NOT+been
( ? ) (Have/Has)+ S+ been
(Past Participle) : (+) S + (Have/Has) V3+O
( - ) S (Have/Has)+NOT+ V3+O
( ? ) (Have/Has)+ S+ V3
Contoh :
(+) I have been
at home for a month
( - ) Mr.
Handoko has not eaten the food already.
( ? ) Has Mr.
Imam been here since 06.00 ?
Soal : Lengkapi
kalimat dibawah ini
1.
He (work) _________in this company since 1985.
2.
I (wait) ___________ for you since two o’clock.
3.
Mary (live) ___________ in Germany since
1992.
4.
Why is he so tired? He (play) ___________ tennis for five
hours.
5.
How long (learn / you) _____________ English?
D.
Present Perfect Continous Tense
Present Perfect Continous Tense
biasa digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang telah dimulai di masa lalu
dan sekarang masih berlanjut, juga untuk tindakan yang baru saja berhenti.
Rumus : (+) S+(Have/Has)+been+Ving
( - ) S+(Have/Has)+NOT+been+Ving
( ? ) (Have/Has)+S+been+Ving
Contoh :
(+) I have been watching TV for two
hours
( - ) He has not been eating meat
since elementary school.
( ? ) Has she been living here?
·
Adverb of sequence atau keterangan
waktu yang biasa digunakan adalah For
& Since.
Soal : Lengkapi kalimat dibawah ini
1.
I _______(live) in this house _____
nine years.
2.
We _________(study) English _____ a
month ago.
3.
He _________(marry) her _____
nineteen years.
4.
Mr. Johnson ___________(work) in the
same place ______ 1980.
5.
She __________(wait) for her
boyfriend _____ an hour
Mengetahui …………………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar